2.2.4.      Perkebunan

Pulau Kalimantan terkenal akan perkebunan sawit yang hanya bisa disaingi oleh Pulau Sumatera. Kaltara juga memiliki produk andalan sawit yang mampu meningkatkan kinerja perekonomian daerah. Selain itu, Kaltara menghasilkan berbagai hasil perkebunan lainnya seperti karet, kopi, lada, dan kelapa.

Total produksi dari perkebunan yang ada di Kaltara mencapai 525.720 ton dengan produksi kelapa sawit mencapai 513.448 ton atau sebesar 97,6% dari total produksi perkebunan yang ada di Kaltara tahun 2012.

Terdapat beberapa perusahaan perkebunan kelapa sawit yang tersebar di 4 kabupaten dalam Provinsi Kaltara. Beberapa perusahaan tersebut antara lain: PT Sanggam Kahuripan Indonesia, PT Inti Selaras Perkasa, PT Sentosa Sukses Utama dan lain-lain. Dalam produksi sektor perkebunan, Kabupaten Nunukan menjadi kabupaten dengan sumbangan produksi terbanyak yang mencapai 422.566 ton produk perkebunan, di mana 412.682 ton berasal dari kelapa sawit atau mencapai 97,6% dari total produksi sektor perkebunan Kabupaten Nunukan menyumbang 80,3% dari total produksi sektor perkebunan yang ada di Kaltara.

Potensi perkebunan berupa perkebunan kelapa sawit, perkebunan cokelat, perkebunan kopi dan lain-lain.

Terdapat beberapa perusahaan perkebunan kelapa sawit yang tersebar di 4 (empat) kabupaten dalam Provinsi Kalimantan Utara. Beberapa perusahaan tersebut antara lain : PT. Sanggam Kahuripan Indonesia, PT. Inti Selaras Perkasa, PT. Sentosa Sukses Utama dan lain-lain.

kaltaraprov
Copyright © 2017 Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara
Top