Rabu, 17 Mei 2017, 05:06 WITA | 89 Views

SINERGITAS : Kasatpol PP-Linmas Kaltara, Datu Balam berfoto bersama jajaran Satpol PP se Kaltara dan perwakilan dari Kemendagri usai Rakor Satpol PP-Linmas di Gedung Bandiklat Kabupaten Bulungan, Senin (15/5).

TANJUNG SELOR – Untuk menghasilkan pembangunan dan program yang dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat, khususnya di Kalimantan Utara (Kaltara), dirasakan perlu adanya kebijakan yang saling bersinergi. Hal ini menjadi tujuan dari pelaksanaan Rapat Koordinasi (Rakor) Satuan Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat (Satpol PP-Linmas) se Kaltara di Gedung Badan Pendidikan dan Pelatihan (Bandiklat) Kabupaten Bulungan, Senin (15/5).

Rakor itu dibuka oleh kepala Satpol PP-Linmas Provinsi Kaltara, Datu Balam mewakili Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie. Dalam sambutannya, Datu Balam menyebutkan, seiring peningkatan pembangunan di Kaltara, dirasakan perlu dilakukan upaya peningkatan kesadaran dan kepatuhan hukum oleh pemerintah guna menciptakan keserasian dan keseimbangan pembangunan di Kaltara.

“Upaya yang dilakukan oleh pemerintah perlu dilakukan secara optimal dan terarah untuk membangun masyarakat yang memiliki karakteristik budaya taat hukum. Lewat rakor ini, kami ingin meningkatkan peran dan fungsi Satpol-PP di Kaltara dalam menegakkan peraturan daerah, sistem deteksi dini, gangguan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta dapat menjaga kemajemukan masyarakat se Kaltara,” kata Datu Balam.

Menurut Datu Balam, peran Satpol PP semakin strategis dengan dimasukkannya urusan ketentraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat dalam urusan pemerintahan, baik yang tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Teknisnya dari berbagai upaya di antaranya adalah penegakan hukum yang merupakan upaya pemerintah dalam menciptakan masyarakat yang patuh dan taat terhadap aturan, kaidah, serta norma dalam mewujudkan suatu kondisi yang tertib dan tentram. Hal itu agar dapat melindungi kepentingan masyarakat dalam mencapai peningkatan kesejahteraan hidup,” jelas Datu Balam dalam kegiatan yang dihadiri Direktur Satpol-PP dan Linmas Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sahdullah, serta Kasatpol PP-Linmas se-Kaltara.

Diungkapkan pula oleh Datu Balam, dalam menjalankan peranannya, Satpol PP semestinya dapat menjalin kerjasama dengan menegakkan prinsip koordinasi baik secara vertikal maupun horizontal. “Untuk menjaga dan mengamankan Perda dalam lingkup tugasnya masing-masing, baik Satpol PP provinsi maupun kabupaten/kota, jalan yang ditempuh adalah dengan melakukan pendekatan, koordinasi dengan sesama aparat agar setiap permasalahan dapat diselesaikan tanpa saling menyalahkan,” tutup Datu Balam.(humas)

Berita Terkait
kaltaraprov
Copyright © 2017 Website Resmi Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara
Top
×