Senin, 15 Mei 2017, 05:06 WITA | 49 Views

MTQ PROVINSI: Gubernur Kaltara saat menghadiri Pawai Taaruf menyambut MTQ ke-2 tingkat Provinsi Kaltara di Nunukan, Minggu (14/05).

NUNUKAN – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Dr H Irianto Lambrie menilai Provinsi Kaltara sudah mengalami kemajuan besar dalam beberapa waktu belakangan ini. Buktinya, di usia yang belia ini, Kaltara sudah sukses menyelenggarakan event massal seperti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ).

“Ini sebuah kemajuan besar bagi Kaltara, karena pagelaran MTQ bukanlah pekerjaan mudah. Dan, ini menggambarkan bahwa jajaran pemerintahan dan masyarakat Kaltara memang memiliki kesungguhan dan siap bekerja keras untuk memajukan Kaltara,” kata Irianto usai menyaksikan Pawai Taaruf MTQ Tingkat Provinsi Kaltara ke-2/2017 di Alun-Alun Nunukan, Minggu (14/5).

Atas keberhasilan itu, utamanya penyelenggaraan MTQ ke-2, Irianto menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nunukan dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kaltara. “Yang terpenting dari semua itu, adalah pelaksanaan MTQ berdampak positif pada pengembangan ekonomi kerakyatan dan sosial kemasyarakatan karena terjaganya silaturahmi dan persaudaraan,” ujar Irianto.

Lebih dalam lagi, Irianto mengingatkan bahwa Alquran sebagai mukjizat dan pedoman hidup umat Islam, sedianya menjadi rahmat bagi manusia dan alam beserta isinya. “Untuk itu, umat Islam harus terus mengembangkan semangat ukhuwahnya, dan persaudaran itu tak hanya dijaga dengan sesama umat Islam tapi juga bertoleransi dan membangun semangat kebangsaan dengan umat diluar Islam,” jelas Irianto.

Bagian terbaik dari pelaksanaan MTQ ke-2 ini, adalah tempat pelaksanaannya. “Nunukan, adalah salah satu kabupaten di perbatasan. Dan, MTQ ini menjadi momentum untuk membangkitkan semangat nasionalisme kebangsaan kita, yang sekarang menghadapi tantangan cukup berat,” ungkap Irianto.

Pawai taaruf berlangsung meriah dengan sajian pembuka tim instrumen tradisional “Patrol Perbatasan”, Sebatik Barat. Dilanjutkan, arak-arakan pejalan kaki dan mobil hias kafilah peserta MTQ dan penyemarak dari sejumlah sekolah di Nunukan.

Setelah menyaksikan pawai taaruf, pada Minggu malam, Gubernur didaulat untuk membuka secara resmi pagelaran MTQ ke-2 di Islamic Center Nunukan.(humas)

Berita Terkait
kaltaraprov
Copyright © 2017 Website Resmi Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara
Top
×