PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN UTARA   humasprovkaltara@gmail.com   0552-22454


DR. H. IRIANTO LAMBRIE
Gubernur Kalimantan Utara
Periode 2016-2021


H. UDIN HIANGGIO, B.Sc
Wakil Gubernur Kalimantan Utara
Periode 2016-2021




Drs. H. BADRUN M.Si
Sekretaris Provinsi
Selamat Datang di Portal Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

A. Dasar Pembentukan Organisasi

Berdasarkan Peraturan Gubernur No 03 Tahun 2013 tentang Organasasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Provinsi Kalimantan Utara. Kemudian dengan diberlakukannya Peraturan Gubernur No 09 Tahun 2014, maka nomenklatur Dinas Pekerjaan Umum menjadi Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Provinsi Kalimantan Utara.

Berdasarkan Peraturan Gubernur diatas, bahwa Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Provinsi Kaltara adalah unsur pelaksana otonomi daerah dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur Kalimantan Utara melalui Sekretaris Daerah.

B. Tugas Pokok dan Fungsi

Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Provinsi Kalimantan Utara sebagaimana tersebut dalam Peraturan Provinsi Kalimantan Utara No 55 Tahun 2008 mempunyai tugas membantu Bupati dalam menyeolenggaraan sebagian urusan pemerintahan di bidang Bina Marga dan Pengairan serta tugas pembantuan di Provinsi Kalimantan Utara :

  1. Perumusan kebijakan pembangunan di bidang Pekerjaan Umum dan Tata Ruang .
  2. Perumusan perencanaan teknis bidang operasional pembangunan, pengelolaan, pemeliharaan dan perbaikan sarana dan prasarana kebinamargaan, keciptakaryaan, dan pengairan.
  3. Pelaksanaan pembangunan, pemeliharaan dan perbaikan sarana danprasarana di bidang pekerjaan umum yang meliputi sarana dan prasarana jalan, jembatan, dan pengairan.
  4. Pelaksanaan pembangunan, pemeliharaan dan perbaikan sarana dan prasarana di bidang pekerjaan umum yang meliputi sarana dan prasarana permukiman, air bersih, sanitasi dan drainase.
  5. Pengelolaan persampahan
  6. Penataan bangunan
  7. Pelaksanaan mekanisme perencanaan, pemanfaatan ruang, pengawasan dan pengendalian pemanfaatan ruang.
  8. Pemberian pertimbangan teknis dan rekomendasi ijin penggunaan dan pemanfaatan jalan, air dan penambangan bahan galian B dan C.
  9. Pelaksanaan koordinasi dalam pelaksanaan tugas dinas dengan instansi terkait dan unsur masyarakat.
  10. Pengelolaan ketatausahaan, urusan kepegawaian, keuangan, urusan rumah tangga, perbekalan dan perlengkapan dinas
  11. Pengelolaan dan pembinaan Unit Pelaksana Teknis Dinas.
  12. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Gubernur sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi serta kewenangan tersebut maka disusunlah organisasi Dinas, yang terdiri dari :

1. Kepala Dinas

2. Sekretaris, terdiri dari

    a. Sub Bagian Perencanaan Program

    b. Sub Bagian Keuangan

    c. Sub Bagian Umum.

3. Bidang Bina Marga, terdiri dari :

    a. Seksi Pernecanaan Jalan dan Jembatan

    b. Seksi Jalan

    c. Seksi Jembatan dan Bangunan Pelengkap.

4. Bidang Cipta Karya, terdiri dari :

    a. Seksi Penataan Bangunan

    b. Seksi Perumahan dan Pemukiman

    c. Seksi Penyehatan Lingkungan dan Air Bersih.

5. Bidang Sumberdaya Air, terdiri dari :

    a. Seksi Irigasi, Sungai dan Rawa

    b. Seksi Operasional dan Pemeliharaan

    c. Seksi Pantai dan Air Baku

6. Bidang Penataan Ruang, terdiri dari :

    a. Seksi Perncanaan dan Pengendalian Tata Ruang

    b. Seksi Pengaturan dan Pembinaan Tata Ruang

    c. Seksi Jasa Konstruksi

7. Unit Pelaksana Teknis Dinas

8. Kelompok Jabatan Fungsional

 

C. VISI

Dalam rangka mengantisipasi tantangan ke depan menuju kondisi yang diinginkan, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Provinsi Kalimantan Utara perlu secara terus menerus mengembangkan peluang dan inovasi. Meningkatnya persaingan, tantangan dan tuntutan masyarakat akan pelayanan prima mendorong mempersiapkan agar tetap eksis dan unggul dengan senantiasa mengupayakan perubahan kearah perbaikan. Perubahan tersebut dilakukan secara bertahap, terencana, konsisten dan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan akuntabilitas kinerja yang berorientasi pada pencapaian hasil atau manfaat. Visi merupakan cara pandang jauh ke depan kemana Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang akan diarahkan dan apa yang akan dicapai maupun diperoleh.

Maka Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang menetapkan visi, yaitu :

"Mewujudkan Infrastruktur Ke-PU-an Yang Handal Berwawasan Lingkungan Untuk Mendukung Masyarkat Sejahtera".

Visi di atas memberikan pengertian sebagai berikut :

  1. Mewujudkan infrastruktur yang handal untuk menyatukan wilayah kawasan yang berwawasan lingkungan sebagai pendorong pereknomian masyarakat.
  2. Tersedianya infrastruktur  Sumber Daya Air dan Irigasi untuk mendukung ketahanan pangan serta air baku untuk memenhui kebutuhan masyarakat dan pemenuhan air bersih.
  3. Terciptanya kawasan pemukiman yang layak dan sehar, pengelolaan sanitasi, drainase dan persampahan yang baik serta terciptanya kawasan perkantoran.
  4. Terselnggaranya mekanisme perencanaan, pemanfaatan ruang dan pengendalian ruang.

D. Misi

Misi merupakan sesuatu yang harurs dilakukan agar tujuan organisasi dapat terlaksanakan dan berhasil dengan baik sesuai dengan visi yang telah ditetapkan. Disamping itu juga diharapkan dapat menunjukan peran dan program pemerintah kepada seluruh dan jajaran organisasi serta pihak yang berkepentingan.

Dengan mengacu pada visi sebagaimana tersebut diatas, maka misi yang hendak dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Provinsi Kalimantan Utara yang telah ditetapkan adalah :

  1. Misi pertama yaitu penyediaan infrastruktur jalan dan jembatan guna peningkatan pertumbuhan ekonomi.
  2. Penyediaan infrastruktur pengairan guna mendukung ketahanan pangan dan rice/food estate serta pengelolaan sumber daya air untuk kesejahteraan rakyat.
  3. Menyediakan pembangunan sarana dan prasarana permukiman guna menciptakan pemukiman yang layak, sehat dan terjangkau  serta mendorong pengembangan wilayah/kawasamn tertentu, membangun infrastruktur air bersih, sanitasi air limbah, sanitasi dan persampahan.
  4. Menyediakan mekanisme perencanaan, pemanfaatan ruang dan pengendalian pemanfaatan ruang.

Misi tersebut ditetapkan dengan memperhatikan tugas pokok dan fungsi yang diemban oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Provinsi Kalimantan utara seerta tetap berdasarkan pada siklus manajemen Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara baik pada tahapan perencanaan, pelaksanaan maupun kegiatan yang kesemuannya dilakukan secara konsisten dan terpadu.

E. Tujuan

Dalam rangka mencapai visi dan misi dari suatu organisasi maka visi dan misi tersebtu harus dirumuskan kedalam bentuk yang lebih terarah dan operasional berupa tujuan dan sasaran organisasi. Tujuan merupakan penjabaran atau impelementasi dari pernyataan miss, merupakan hasil akhir yang hendak dicapai dalam jangka waktu 1 sampai dengan 5 tahun, tujuan organisasi harus sesuai dengan tugas dan fungsi organisasi. Tujuan organisasi akan mempertajam fokus pelaksanaan misi dan meletakkan kerangka prioritas untuk memfokuskan aktivitas lembaga dalam arah semua program dan melaksanakan misinya, oleh karena itu sekaligus dapat dijadikan dasar untuk menetapkan indicator kerja.

Tujuan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Provinsi Kalimantan Utara adalah :

  1. Meningkatkan pelayanan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara kepada masyarakat.
  2. Meningkatkan sarana dan prasarana yang menunjang pelaksanaan tugas-tugas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara.
  3. Meningkatkan profesionalisme Pegawai Negeri Sipil di lingkungan dinas Pekerjaan Umum dan tata Ruang Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara selaku aparatur pemerintah, sebagai abdi Negara dan abdi masyarakat.
  4. Meningkatkan akuntablitas kinerja Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara selaku instansi pemerintah.
  5. Melaksanakan perencanaan pembangunan sarana dan prasarana sesuai dengan arah pembangunan untuk mendukung aktifitas ekonomi, ketahanan pangan, baik kebinamargaan, sumber daya air, cipta karya dan penataan ruang.

F. Sasaran

Sasaran adalah penjabaran tujuan yang akan dicapai atau dihasilkan instansi Pemerintah dalam jangka waktu tahunan, semesteran, trieulanan, atau bulanan. Sasaran menggambarkan hal yang ingin dicapai melalui tindakan yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan. Sasaran memberikan fokus pada penyusunan kegiatan sehingga bersifat spesifik, terinci dapat diukur dan dicapai.

Sasaran operasional tahunan ialah pernyataan tentang hal yang diharapkan oleh setiap unit organisasi dalam perannya terhadap pencapaian visi dan misi yang telah ditetapkan. Sasaran yang ingin dicapai oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Provinsi Kalimantan Utara pada tahun 2015 adalah sebagai berikut.

  1. Mewujudkan pelayanan adminstrasi perkantoran yang tertib dan taat aturan
  2. Peningkatan sarana dan prasarana aparatur berupa kendaraan operasional gedung perkantoran dan pusat pemerintahan.
  3. Mewujudkan sumberdaya aparatur yang terampil dan handal.
  4. Mewujudkan tertib pelaporan fisik dan keuangan.
  5. Mewujdukan perencanaan dan peningkatan jalan dan jembatan
  6. Mewujudkan perencanaan tata ruang.
  7. Mewujudkan pengelolaan sampah yang baik dan sehat.
  8. Peningkatan sistem informasi jalan dan jembatan.
  9. Peningkatan sarana dan prasaran kebinamargaan
  10. Pengembangan jaringan irigasi, sungai dan rawa.
  11. Mewujudkan sistem pengelolaan air baku.
  12. Mewujudkan Pengelolaan air minum dan air limbah
  13. Meningkatkan pengendalian banjir dan abrasi pantai.
  14. Pemberdayaan jasa konstruksi
  15. Penyusunan harga satuan pokok kegiatan.

 

Kabupaten dan Kota
Peresmian PLTU PKN
Pelantikan PKK Malinau
Diklat Jurnalistik
Keynote Speaker
Upacara Peringatan HUT Ke-3 Kalimantan Utara
Copyrights. © 2016 - 2017 Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara
Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara
Sekretariat Daerah
Jalan. Kol. H. Soetadji
Fax. (0552) 22454
Kode Pos 77212
Tanjung Selor
Top